Mata Kuliah Pilihan

TKA 2221 Teknologi Bangunan Industri (2 SKS)

Mengetahui dan memahami  teknologi bangunan industri meliputi ranah proses, tata letak (lay out), persyaratan bangunan dan ruang (building and room requirements), struktur bangunan secara garis besar, utilitas dan pendekatan perancangannya (faktor produksi, orientasi industri hingga perancangan fisik bangunan), serta teknologi lingkungan bangunan industri.

 

TKA 2222 Teknologi Bangunan Komersial (2 SKS)

Mengetahui dan memahami struktur dan utilitas bangunan komersial dengan pendekatan perancangannya; serta tuntutan rancangan arsitektur, alternatif sistem struktur dan utilitas, analisis beban dan gaya yang bekerja, serta pendekatan ekonomisnya.

 

TKA 2223 Restorasi Bangunan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami prinsip restorasi, pengertian dasar restorasi, lingkup restorasi, teknologi restorasi, prinsip konservasi, arah pendekatan sistem konservasi bangunan dan lingkungan, dasar pendekatan sistem konservasi bangunan dan lingkungan.

 

TKA 3221 Preservasi dan Konservasi Kota (2 SKS)

Mengetahui dan memahami pengertian dan batasan preservasi dan konservasi. Argumentasi dan kritik terhadap gerakan preser­vasi dan konservasi. Mekanisme dan perlengkapan dalam proses perencanaan dan perancangan preservasi dan konservasi. Teori, proses, teknik dan metoda operasionalisasi preservasi dan konser­vasi. Penentuan dan penggambaran defireasi kawasan-Prinsip kebijakan dan pelaksanaan. Kaitan preservasi dan konservasi dengan transportasi dan kepariwisataan. Pengelolaan dan perdanaan. Dasar hukum dan pengaturan.

 

TKA 3222 Perencanaan dan Perancangan Kawasan Wisata (2 SKS)

Mengetahui dan memahami kawasan wisata sebagai suatu sub sitem pengembangan tata ruang wilayah. Dampak sosial-ekonomi-politis-budaya-lingkungan dari kegiatan kepariwisataan. Teori, proses, metoda perencanaan dan perancangan kawasan wisata, secara 2 dimensional dan 3 dimensional. Pengembangan kasus tertentu. Penataan dan pengaturan.

 

TKA 3223 Perencanaan dan Perancangan Kawasan Industri (2 SKS)

Mengetahui dan memahami kawasan industrial sebagai suatu subsistem pengembangan tata ruang wilayah. Dampak sosial-ekonomi-politik-budaya-lingkungan dari kegiatan industrial. Teori, proses, metoda perencanaan dan perancangan kawasan industrial secara 2 dimensional dan 3 dimensional. Pengembangan kasus ter­tentu. Penataan dan pengaturan.

 

TKA 3224 Pembangunan Masyarakat (2 SKS)

Mengetahui dan memahami partisipasi masyarakat dalam penanganan dan pengadaan masalah lingkungan, pengenalan potensi masyarakat dalam penanganan lingkungan, bentuk kerjasama pemerintah dan masyarakat.                       

 

TKA 2224 Aksesibilitas Lingkungan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami aksesibilitas lingkungan, pendekatan desain yang didasarkan pada konsep bahwa semua produk desain seharusnya mempertimbangkan kebutuhan semua pengguna.

 

TKA 2225 Rancang bangun (2 SKS)                                                                               

Mengetajui dan memahami rancangan dan konstruksi bangunan dalam bentuk 3 dimensi dengan skala besar atau 1:1, dengan keterlibatan secara langsung dalam penyiapan, pengolahan, pengerjaan dan perangkaian bahan hingga berdirinya bangunan secara utuh.

 

TKA 2226 Arsitektur Rumah Sakit (2 SKS)                                                                                

Mengenalkan dasar-dasar arsitektur rumahsakit melalui pemberian principles, templates, dan precedents. Principles yang akan diberikan meliputi prinsip-prinsip zoning dan fungsi, sirkulasi dan ruang, serta bentuk dan karakter tipologi rumahsakit. Templates akan diberikan dalam berbagai tipe, komponen, dan aspek. Sementara precedents akan dipelajari melalui sumber-sumber sekunder (best practices dari dalam dan luar negeri), serta sumber-sumber primer (survey langsung ke lapangan dan menemukenali permasalahan serta pemecahannya).

 

TKA 2227 Fotografi Arsitektur (2 SKS)                                                                               

Mengetahui dan mempelajari teknik-teknik dasar dan lanjutan fotografi sesuai dengan teknik dan permasalahan didalam bidang arsitektur seperti : fotografi untuk survei,presentasi, publikasi dan dokumentasi karya perancangan, penelitian dan penulisan naskah arsitektur.

 

TKA 2228 Teknik Survai Perilaku Manusia dan Lingkungan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami teknik dan metoda melakukan survai terkait dengan perilaku dan kegiatan manusia sebagai pengguna lingkungan buatan dan memakai hasil survai untuk kepentingan desain arsitektur/lingkungan binaan.

 

TKA 2229 Perancangan Bangunan Tropis (2 SKS)

Mengetahui dan memahami unsur-unsur penting begi perancangan bangunan pada lingkungan beriklim tropis, yang memungkinkan pengembangan berbagai inovasi komposisi bentuk dan bahan yang dapat merefleksikan rancangan arsitektural secara optimal.

 

TKA 3225 Perencanaan dan Perancangan Kenyamanan Termal Kota (2 SKS)

Mengetahui dan memahami teknik perencanaan dan perancangan kenyamanan termal sebuah kawasan kota. Mahasiswa mampu melakukan cara mengukur tingkat kenyamanan termal sebuah kawasan, mengetahui  standar-standar kenyamanan termal yang ada.

 

TKA 3226 Permukiman Ekologis (2 SKS)

Mengetahui dan memahami pengertian ekologi, masalah-masalah lingkungan hidup yang terkait dengan lingkungan binaan dan aktifitas penghuninya, arsitektur berkelanjutan, prinsip-prinsip perancangan ekologis dan prinsip-prinsip serta model dari permukiman ekologis

 

TKA 3227 Peremajaan Kota (2 SKS)

Mengetahui dan memahami proses peremajaan kota melalui kajian-kajian studi kasus berdasarkan penelusuran isu dan dan permasalahan pembangunan perumahan di kawasan padat perkotaan yang ditinjau dari aspek kebijakan publik pembangunan perumahan perkotaan, konsolidasi lahan, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam kerangka besar program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM). Fokus kajian diarahkan pada masalah kekumuhan perkotaan dan pendampingan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

 

TKA 3228 Rekayasa dan Kebijakan Pembangunan Perumahan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami teori dan proses perekayasaan dan perumusan kebijakan pembangunan perumahan yang berdasarkan pendekatan tridaya pembangunan perumahan (manusia, lingkungan dan usaha/ekonomi masyarakat) dan tiga jalur pembangunan (pro-growth, pro poor dan pro job)

 

TKA 3229 Pembangunan Kota Berkelanjutan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami teori dan proses peningkatan kualitas hidup dalam kota, Isu Berkelanjutan dalam Pembangunan Kota; Bentukan Kota dan Isu Berkelanjutan: Sprawl vs. Compactness; Strategi dan Upaya Pembangunan Kota Berkelanjutan: Smart Growth, New Urbanism, Urban Regeneration, Urban Revival, Urban Renaissance, dll.; Strategi dan Kebijakan Kota Kompak; Densifikasi Penduduk; Konsentrasi Aktivitas Kota; Intensifikasi Transportasi Publik; Ukuran Optimal Kota dan Akses Kota; Kesejahteraan Sosial dalam Pembangunan Kota; Proses Pembangunan Kota Kompak; Program-Program Kebijakan; Tema dan Pendekatan: Urban Containment, Urban Boundary, Transport Oriented Development; Public Transport Priority, Road Pricing, dll; Kota Berkelanjutan di Negara Maju; Tantangan Kota Berkelanjutan di Negara Berkembang.

 

TKA 2121 Rekayasa Fasade dan Kulit Bangunan (2 SKS)

Mengetahui dan memahami bentuk, tipe, bahan, sistem, teknologi, maupun faktor terkait lainnya semisal citra, fungsi, serta kondisi lingkungan pada facade maupun kulit bangunan (atau kelompok/komplek bangunan). Diharapkan nilai sebuah bangunan mampu dioptimalkan melalui rekayasa facade dan kulit bangunan secara detil, inovatif, sesuai dengan kaidah-kaidah dasar (safety, building physics, integrity, serviceability, durability) maupun arsitektural, dan integratif dengan sistem bangunan atau lingkungan secara keseluruhan. Beberapa pendekatan disain dan rekayasa dilakukan melalui serangkaian perkuliahan, diskusi, workshop, dan permodelan (simulasi) terutama untuk pencapaian aspek-aspek khusus, seperti estetika, teknologi, maupun efisiensi energi.

 

TKA 3121 Teknik Pelestarian Kawasan Pusaka (2 SKS)

Mengetahui dan memahami kaidah pelestarian dengan baik, salah satunya diberikan pembelajaran dengan mendalami teknik-teknik pelestarian. Pembelajaran ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kepekaan tinggi dalam memahami persoalan pelestarian kawasan pusaka secara teoritis maupun implementatif, yang akhirnya mampu secara inovatif melontarkan gagasan kreatif dalam mengelola perubahan maupun menghasilkan karya arsitektur.  Melalui mata kuliah ini selain diberikan dasar-dasar teori pelestarian, dilakukan pembelajaran langsung di lapangan sehingga mahasiswa mampu menyerap dan terampil melaksanakan teknik pelestarian kawasan dalam konteks manajemen pelestarian yang lebih luas.

 

TKA 3122 Pelestarian dan Pengelolaan Pusaka Saujana (2 SKS)

Mengetahui dan memahami pelestarian pusaka saujana yang di dalamnya terdapat bangunan bersejarah, sistem seting dan kegiatan, budaya kehidupan, dan komponen lingkungan bersejarah lainnya; memiliki kepekaan dalam melaksanakan upaya pelestarian yang perlu digunakan dalam melestarikan suatu pusaka saujana; terampil dalam melakukan teknik pelestarian; inovatif dalam melontarkan gagasan kreatif melestarikan pusaka saujana; mampu bekerja secara kelompok dan bekerja bersama masyarakat yang merupakan salah satu aktor utama dalam kegiatan pelestarian

 

Praktek Profesional (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan mengenalkan praktek profesi di bidang arsitektur melalui pengenalan empat komponen dasar, yaitu:

(1) Pelaku Praktek Arsitektur: Arsitek,

(2) Pasar Praktek Arsitektur: Klien

(3) Badan Praktek Arsitektur: Biro, dan

(4) Lingkungan Strategis Praktek Arsitektur: Hukum, Keuangan, Masa Depan.

Diharapkan melalui matakuliah ini, mahasiswa akan mampu memahami esensi kegiatan profesional arsitek, memahami pasar dan bagaimana melakukan kegiatan pemasaran yang etis dan positif, memiliki pengetahuan mengenai berbagai bentuk biro arsitek dan konsekuensi pemilihannya, serta dapat menanggapi berbagai aspek lingkungan strategis yang dihadapi dalam praktek profesional, baik di masa kini maupun masa mendatang.

 

Kuliah Kerja Arsitektur (KKA) (2 SKS)

Mempelajari suatu tema dalam keilmuan ’Arsitektur’ pada konteks tertentu di dalam-negeri dan/atau di luar-negeri dengan kunjungan lapangan. Penyelenggaraan KKA ini disesuaikan tiap tahun sesuai arahan pengelola Program Studi Arsitektur.

 

Pilihan Wajib

 

Rupa Dasar/Teknik Presentasi dan Komunikasi Arsitektur Dasar

Menguasai ketrampilan menggambar sketsa  dengan aplikasi berbagai teknik perspektif dan teknik render secara arsitektural, cepat dan komunikatif. Obyek sketsa adalah benda, interior/eksterior bangunan, suasana ruang luar, hingga sketsa-render gambar presentasi arsitektur (denah, tampak dan potongan). 

 

Pilihan Wajib Non SKS

 

Olahraga (Semester Genap)

Mampu melakukan olahraga dasar secara rutin mingguan dengan tertib (berikut mampu menerapkan pola makan dan istirahat yang benar) serta mampu menemukan jenis olahraga yang cocok dan melaksanakannya sebagai bagian dari gaya hidup mahasiswa.

 

Language Change